Ikut Tren, Barcelona Bikin Akun Resmi TikTok

Barcelona menjadi klub Eropa teranyar yang mengikuti tren perkembangan media sosial. Barca baru saja membuat akun resmi TikTok, media sosial asal Cina yang populer beberapa tahun terakhir.

Menurut Sportspromedia.com, perkembangan Blaugrana ini merupakan salah satu langkah untuk mendekati fans yang lebih mudah. Barca tahu media sosial merupakan, salah satu kemajuan terbaik pada dunia modern ini.

Barca bukan yang pertama kalinya. Juara La Liga ini menyusul beberapa raksasa Eropa lain yang sudah terlebih dahulu menciptakan akun resmi TikTok mereka, termasuk rival melalui akun Real Madrid.

Keputusan Madrid lebih cerdas lagi. Saat itu Madrid meluncurkan kanal TikTok pada 14 Juni, berbarengan dengan perkenalan Galactico baru, Eden Hazard.

Kembali ke Barcelona, kolaborasi dengan TikTok dimaksudkan untuk menciptakan program “user challenge,” yang melibatkan pemain-pemain inti sebagai bagian dari peluncuran.

Rilis ini bertepatan dengan tur pramusim Barca, di Jepang dan Amerika Serikat. Pihak klub bakal menciptakan beberapa konten, di balik layar alias behind the scene.

Pengembangan sayap Barcelona ini tidak datang begitu saja. Sebelumnya, Barca menjalin kerja sama resmi dengan Robloc, platform online yang menyasar anak-anak dan remaja dan membantu pengguna menciptakan video game mereka sendiri.

Merangkul Fans Muda

Keputusan Barcelona membuat akun resmi TikTok dapat dipahami. Salah satu pimpinan Barca, Didac Lee mengklaim bahwa Barca sedang melancarkan strategi marketing mereka di dunia modern. Sepak bola sedang berevolusi.

“Setelah kami mengumumkan kerja sama dengan Roblox beberapa pekan lalu, kami terus melaju dengan inisiatif inovatif yang menghubungkan kami dengan penonton dan mendekatkan klub kepada mereka,” kata Lee.

“Peluncuran TikTok merupakan langkah penting untuk menjangkau fans yang lebih muda dengan format konten yang bakal dikonsumsi oleh jutaan orang di ponsel mereka setiap hari,” tutupnya.